Senin, 23 Maret 2015

SENI TEATER TRADISIONAL


Hasil gambar untuk gambar teater tradisional
    gambar teater tradisional

       Kata teater dari bahasa yunani yaitu Theatron yang berarti tempat untuk menonton. Namun teater dapat diartikan sebagai tontonan atau pertunjukkan (Tarigan 1985:73) .
Jadi pengertiannya adalah sebagai tempat untuk pertunjukkan atau kegiatan pertunjukkan itu sendiri. Teater merupakan seni yang menyeluruh, karena seni selalu kerjasama (kolektif) secara bersamama-sama antara sutradara dan pelaku, serta pelaku dengan tata rias dan tata busana.
Seni Teater terbagi dalam beberapa jenis menurut ideologinya, menurut sumber dananya, menurut karakteristiknya, dan masih banyak pembagian seni teater berdasarkan pengalaman masing-masing pelakunya. Menurut karakteristiknya, Seni Teater dibagi menjadi dua, yaitu seni teater Tradisional dan seni teater Modern.
Seni Teater tradisional adalah seni teater yang bersifat kedaerahan berdasarkan tradisi, bergerak dengan sistem kekerabatan yang kental. Sedangkan seni teater modern adalah seni teater yang mempunyai dasar-dasar keilmuan yang mapan. Penulisan yang sudah berpatern, penokohan, latihan yang bersistem, dan semua hal yang sudah dibakukan sebagai sebuah ilmu pengetahuan.
Berikut Teater tradisional yang ada di Indonesia :
     A. Wayang
Wayang merupakan seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Pulau Jawa dan Bali.
     B. Makyong
Makyong adalah seni teater tradisional masyarakat Melayu yang sampai sekarang masih digemari dan sering dipertunjukkan sebagai dramatari dalam forum internasional.
    C. Drama Gong
Drama Gong adalah sebuah bentuk seni pertunjukan Bali yang masih relatif muda usianya yang diciptakan dengan jalan memadukan unsur-unsur drama modern (non tradisional Bali) dengan unsur-unsur kesenian tradisional Bali.
    D. Randai
Randai adalah kesenian (teater) khas masyarakat Minangkabau, Sumatra Barat yang dimainkan oleh beberapa orang (berkelompok atau beregu).
    E. Mamanda
Mamanda adalah seni teater atau pementasan tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan. Mamanda lebih mirip dengan Lenong dari segi hubungan yang terjalin antara pemain dengan penonton. F. Longser
Longser merupakan salah satu bentuk teater tradisional masyarakat sunda, Jawa barat.
     G. Ketoprak
Ketoprak merupakan teater rakyat yang paling populer, terutama di daerah Yogyakarta dan daerah Jawa Tengah. Namun di Jawa Timur pun dapat ditemukan ketoprak. Di daerah-daerah tersebut ketoprak merupakan kesenian rakyat yang menyatu dalam kehidupan mereka dan mengalahkan kesenian rakyat lainnya seperti srandul dan emprak.
    H. Ludruk
Ludruk merupakan salah satu kesenian Jawa Timuran yang cukup terkenal, yakni seni panggung yang umumnya seluruh pemainnya adalah laki-laki.
    I. Lenong
Lenong adalah seni pertunjukan teater tradisional masyarakat Betawi, Jakarta.
    J. Ubrug
Seperti umumnya bentuk kesenian, ubrug juga memiliki fungsi estetik dan sosial. Kesenian yang hingga kini masih ada di sejumlah daerah di Banten ini, masih tetap menjadi sarana hiburan bagi sebagian masyarakat

sumber: https://www.facebook.com/permalink.php?id=373166009466355&story_fbid=376675519115404

Ditulis Oleh : Mirin // 23.57
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Widgets
Flag Counter